www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Sulteng: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulteng: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sulawesi Tengah Luncurkan Kalendar Event Pariwisata 2018

Posted by On 04.34

Sulawesi Tengah Luncurkan Kalendar Event Pariwisata 2018

Liputan6.com, Jakarta Calendar of Event Sulawesi Tengah baru saja diluncurkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (17/7/2018). Tahun ini Sulteng menggelar 8 event unggulan yang dua di antaranya yaitu Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) dan Festival Pesona Lipuku masuk dalam Calendar of Event nasional 2018.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang hadir dalam peluncuran tersebut mengatakan, peluncuran Calendar of Event yang digelar hari dimaksudkan untuk menyukseskan beragam event wisata yang bakal digelar di Sulawesi Tengah. Semoga beragam keindahan yang dihadirkan mampu mengungkit Pesona Indonesia di mata dunia.

“Sulteng berpeluang jadi destinasi uatam di Indonesia, karena punya banyak keindahan, ada Togean, Sombori, Lorerindu,” ungkap Longki Djanggola.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, aksesibilitas dan konekt ivitas masih menjadi foku dan perhatian pemerintah daerah Sulteng. Sesuai dengan Rakor Pariwisata Regional Sulawesi yang disepakati 6 provinsi, nantinya 6 provinsi akan dibuat penyambung sehingga bisa saling terkoneksi.

“Kami sepakat untuk memperkuat konektivitas pariwisata dengan mengembangkan sistem transportasi darat melalui percepatan pengembangan jalur kereta api Trans-Sulawesi, pelabuhan, termasuk sarana dan sistem transportasi yang menghubungkan titik-titik destinasi pariwisata di Sulawesi,” kata Longki Djanggola.

1 dari 3 halaman

Tanggapan Menteri Pariwisata

Pulau Sombori
Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Kepulauan Sombori, salah satunya adalah snorkeling. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutannya mengatakan, dua event Sulteng yang masuk Calendar of Even t nasional 2018 perlu menjadi tolok ukur bagi 6 event regional lain untuk bisa masuk dan menjadi event yang bertaraf internasional.

“Selalu ingatkan, ini pesan Presiden Jokowi, pesan ini juga pertama kali disampaikan Bapak Presiden di Teluk Tomini. Pak Presiden meng-address untuk menggelar festival, koreografernya harus tingkat nasional, perancang busananya, musiknya juga harus tingkat nasional,” ungkap Arief Yahya.

Arief Yahya sendiri mengapresiasi Launching Calender of Event Sulawesi Tengah 2018 dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulteng. Sulteng menurut Arief Yahya sudah waktunya berkembang menjadi destinasi kelas dunia yang didukung unsur 3A, yaitu Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas.

“Togean itu underwaternya terbaik di Indonesia. Tapi yang kita track itu wisman, wisman enggak mau lebih dari dua jam, dan Palu belum internasional airport. Dua per tiga wisman itu maunya direct. Makanya saya usul Palu itu dibuat intern asional airport. Itu bisa saja. Silangit itu bukan ibu kota provinsi, tapi bandaranya sudah internasional,” ungkap Arief Yahya.

“Palu harus jadi hub city di wilayah timur karena dengan begitu akan banyak penerbangan singgah dan transit di sini sebelum membawa penumpang ke kota lain”, kata Arief Yahya.

Sulteng sendiri tahun ini mentargetkan 3.825.000 wisatawan terdiri dari 75.000 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 3.750.000 pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

2 dari 3 halaman

Jadwal Festival

Pulau Sombori
Pulau Sombori menjadi lokasi glamping terasyik untuk habiskan momen liburan akhir tahun. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Festival Pesona Lipuku 2018. Penyelenggaraan festival budaya yang memasuki tahun ke-2 ini akan berlangsung di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una pada 2-6 November 2018. Festival ini dimer iahkan dengan fun bike, bela diri tradisional, foto keindahan laut Togean, road race, tari-tarian tradisional, lomba perahu, dan lomba kuliner masakan lokal dengan bahan utama berupa ikan segar, kepiting, udang dan tiram. Festival dalam rangka mengangkat tradisi Budaya Touna ini mentargetkan kunjungan 3.000 wisatawan.

Togean Internasional Oceanic akan berlangsung di Pulau Togean pada 7-11 Agustus 2018; Tour de Central Celebes ke-2. Lomba balap sepeda internasional ini akan mengambil start dari kabupaten Banggai pada 14 Oktober dan finish di Palu pada 18 Oktober 2018; Festival Teluk Tomini ke-6 akan berlangsung di Parigi, Kabupaten Parigi Moutong pada 14-16 Oktober 2018.

Festival Danau Tektonik Poso ke-22 akan berlangsung di Tentena, Kabupaten Poso pada 15-19 Oktober 2018, Festival Teluk Tomori ke-5 di Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara pada 19-23 Oktober 2018, dan Festival Pulau Dua ke-2 akan berlangsung di Luwuk, Kabupaten Banggai pada 27-28 Oktober 2018.

Simak juga video menarik berikut ini:

Keindahan Alam dan Budaya Flores Barat

Sumber: Berita Sulawesi Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »