www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Sulteng: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulteng: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PLN Segera Tentukan Nasib Proyek Gas Indonesia Tengah

Posted by On 11.17

PLN Segera Tentukan Nasib Proyek Gas Indonesia Tengah

Retno Ayuningtyas / ERH Selasa, 29 Mei 2018 | 22:23 WIB

Jakarta â€" PT PLN (Persero) menyatakan keputusan soal proyek infrastruktur sekaligus pengadaan gas untuk pembangkit listrik di Indonesia Tengah akan ditetapkan pada Juni-Juli tahun ini. Pasalnya, perubahan volume gas untuk proyek ini masih harus dibicarakan dengan PT Pertamina (Persero) sebagai calon pemenang.

Direktur Pengadaan Strategis PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan, perubahan volume kebutuhan gas di Indonesia Tengah lantaran perseroan memutuskan memakai pembangkit listrik tenaga air sebagai penopang beban puncak di Sulawesi. Padahal, kebutuhan gas di Sulawesi ini awalnya cukup besar dan merupakan anchor dari proyek ini.

“Dengan Makassar peaker diganti hydro, jadi jauh berkurang kebutuhannya. Dengan volume berbeda ini, mereka (calon pemenang) masih m au menerima atau enggak. Ini masih kami bicarakan, target kalau bisa Juni-Juli ada jawaban,” kata dia di Jakarta, Senin (28/5).

Dalam pengumuman awal lelang, PLN mencari pasokan gas sebesar 200 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/mmscfd) untuk beberapa kluster, yakni Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Dalam proyek ini, calon investor harus bisa menjamin pasokan gas sekaligus menyediakan infrastruktur dan transportasinya. Skema ini diambil lantaran untuk memasok Indonesia Tengah yang pembangkitnya kecil-kecil dan tersebar, pasokan gas yang dibutuhkan seluruhnya harus dalam bentuk gas alam cair (liquefied natural gas/LNG).

Nantinya, investor harus membangun LNG Hub untuk menampung LNG dalam skala menengah, menyediakan kapal yang akan mendistribusikannya ke pembangkit-pembangkit PLN, termasuk membangun fasilitas regasifikasi di dekat pembangkit. Metode ini membuat proyek LNG menjadi lebih eko nomis lantaran volumenya tidak terlalu kecil.


Sumber: Investor Daily Sumber: Google News | Berita 24 Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »