www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Sulteng: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulteng: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kabar Baik untuk Sulawesi Utara, Palapa Ring Paket Tengah ...

Posted by On 22.51

Kabar Baik untuk Sulawesi Utara, Palapa Ring Paket Tengah ...

INFONAWACITA.COM â€" Semua konstruksi Palapa Ring paket tengah bisa diselesaikan pada September tahun ini, sehingga mampu dioperasikan pada tahun 2019. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara memastikan hal itu di Manado, Jumat (25/5/2018).

“Konstruksi Palapa Ring paket tengah ditargetkan selesai September 2018,” ujarnya, saat ditemui di sela buka puasa bersama umat muslim Manado di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien.

Ia melanjutkan pembangunan Palapa Ring merupakan salah satu upaya Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mewujudkan Nawacita ke-3.

“Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” katanya.

Info terkait: Hampir Rampung, Menkominfo Rencanakan Sambung Palapa Ring Barat dan Timur

Tiga Paket Pembangunan
Menkominfo Rudiantara (foto: harian88.com)

Rudiantara menegaskan Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar) berupa pembangunan serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia dan dibangun oleh operator telekomunikasi, serta sebagian dibangun oleh pemerintah.

Ada tiga paket pembangunan yang disebut Proyek Palapa Ring. Ketiganya adalah Palapa Ring paket barat, Palapa Ring paket tengah, dan Palapa Ring paket timur.

Adapun proyek Palapa Ring paket tengah akan menghubungkan 17 kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 km.

Jika Palapa Ring sele sai, lanjut Rudiantara, semua kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan jaringan tulang punggung serat optik. Dengan demikian, layanan yang ada di Jawa dan daerah lain tidak memiliki gap yang besar.

“Nantinya jaringan broadband telekomunikasi dapat menjangkau ke wilayah-wilayah tersebut,” katanya pula, dikutip dari Antara.

Sumber: Google News | Berita 24 Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »