www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Plisit Band Dari Palu Mencoba Taklukkan Indonesia Lewat Karya

Posted by On 07.36

Plisit Band Dari Palu Mencoba Taklukkan Indonesia Lewat Karya

Plisit Band Dari Palu Mencoba Taklukkan Indonesia Lewat Karya

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 16 April 2018 - 18:14 WIB

Plisit Band, Dari Palu Coba Taklukan Indonesia Lewat Karya
Plisit Band, Dari Palu Coba Taklukan Indonesia Lewat Karya

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Jika menyebut asal kota Band-band Indonesia, lebih banyak di dominasi dari kota-kota di P Jawa atau Indonesia bagian Barat. Sangat sedkit sekali Band yang berasal dari kawasan Indonesia tengah dan Timur bisa menembus jagat musik yang berkibat di Jakarta. Maka jika ada sebuah band asal Kota Palu (Sulawesi Tengah) berusaha menempatkan diri sejajar dengan band â€"band pulau Jawa yang sudah eksis, pasti mereka membawa hal baru yang membuat mereka layak diperhitungkan.

Adalah kel ompk band bernama Plisit, yang beranggotakan Umaryadi Tangkilisan (leader & guitar), Andri Lawido (drum), Abdi (vox) dan Ryan (guitar), menawarkan sebuah karya yang diproduksi dengan pertimbangan matang dari pelbagai aspek. Seperti soal tema lagu, lirik, serta aransemen. Termasuk tata suara yang beradaptasi pada selera kekinian. Dimana media digital menjadi cara dan gaya mendengar musik hari ini.

Salah satu upaya Plisit menaklukan kerasnya persaingan musik adalah dengan menawarkan lirik yang bertema sosial yang lebih tajam. Plisit mengaku memang terpengaruh oleh The King of Ballads Indonesia, Iwan fals. Tapi menurut Umaryadi, sang Leader, memilih genre yang sudah dikuasai Iwan fals bukan karena sekadar nama besarnya semata. “Tapi lirik kami justru menukik lebih tajam. Plisit ter-influences pada ide dan gagasan besar dalam setiap karya-karya Iwan Fals.Tapi bukan menjadi pengekor. Kami tetap tawarkan gagasan dalam lirik,” ujar Umaryadi meyakinkan.

Sukses mel epas single ‘Hanya Bisa Dirasa’ diakhir tahun 2017 lalu, sebuah re-interpretasi karya sendiri, Band Plisit yang bermarkas di Palu, Sulawesi Tengah, kembali melepas single hit, 'Panen Rindu', sebuah pesan kultural yang sangat kuat, dalam bingkai selera milenial yang kental. Dan terselip keberanian, khas seniman, didalamnya. Panen Rindu', secara tema dan gagasan, sungguh dipengaruhi oleh lagu 'Willy' karya Iwan Fals yang dirilis tahun 1986, yang memberi "kode keras", kalau tak ingin dikatakan menggugat, pada W.S. Rendra, seorang sastrawan besar, yang dikaguminya.

Pilihan tema sentral lagu, diakui oleh seluruh personel band, memiliki benang merah dengan karya-karya mereka sebelumnya. Terasa sangat personal, karena namun bisa menyentuh suasana kebathinan manusia, secara universal. Ini tentu saja bakal menyentuh nurani Iwan Fals, saat mendengarnya, karena anak-anak Plisit, berhasil mengeksekusinya dengan indah dan harmonis.

“Kami s elalu memulainya dengan pendekatan kontemplasi. Bercermin pada pengalaman pribadi, sambil mengamati gejala serupa diluar diri kamiml. Seringkali menemukan banyak kemiripan. Tapi kami selalu menghindari hal yang imitatif, tapi membuka kemungkinan terinspirasi dari idola kami, Iwan Fals," aku sahabat Abdee Slank, sejak masih remaja ini.

Lebih dalam lagi, Adi, ayah dari Guma, Bumi dan Uve ini, mewakili personel lainnya, menjelaskan bahwa ia dan personel Plisit lainnyasenantiasa berupaya menjadikan karya terbaru mereka sebagai karya kekinian. Meskipun masih terasa kuat melodi lagu Balada era 90-an, namun Plisit melengkapinya dengan aransemen kekinian dengan tata suara yang terjaga dan pas buat didengar melalui media digital.

"Kami sadar, lagu ini akan didengar pertamakali di media digital, seperti youtube, sportify, jooks dan agregator musik era milenial ini," urai Adi, yang juga Koordinator IMF - Indonesia Music Forum Wilayah Palu, yang menjadi idola remaja Palu sejak era 90-an hingga kini. (AMZ)

Baca Juga

A Pink Namjoo, Tampil Cantik di Teaser Miracle
17 Tahun Hadapi Penyakit Bipolar, Begini Pengakuan Dari Mariah Carey
Bakal Manggung di Coachella, Cardi B Tak Terima Dibayar Rp1,9 Miliar
Irene Red Velvet Peringkat Pertama Reputasi Brand Anggota Girl Grup
Tiket Konser Monsta X Ludes Terjual Hanya Dalam Satu Menit

Industri Hari Ini

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga memberikan penghargaan SMESCO Inspiring Entrepreneur Business Award 2016 (Fadli, Industry.co.id)

Senin, 16 April 2018 - 21:09 WIB

Pelaku UMKM Diminta Tertib Administrasi Pembukuan

Kementerian Koperasi dan UKM mengingatkan para pelaku UMKM untuk tertib administrasi dan pembukuan agar semakin memiliki daya saing tinggi.

Tokoh nasional Rizal Ramli (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 16 April 2018 - 21:00 WIB

Rizal Ramli Prihatin Aceh Masih Miskin

Tokoh nasional, Dr. Rizal Ramli mengaku prihatin dengan kondisi Aceh saat ini. Pasalnya, dana otonomi khusus senilai Rp 8 triliun per tahun tak membuat Serambi Mekah itu semakin maju. Ironisnya,…

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Kerja Nasional Perwira I di Kuta, Bali, Senin (16/4), mengatakan pihaknya menawarkan kepada para perempuan pelaku wirausaha untuk bisa mengakses modal dana bergulir

Senin, 16 April 2018 - 20:57 WIB

Dukung Perempuan Berbisnis, LPDB Tawari Akses Dana Bergulir

Perempuan wirausaha yang tergabung dalam Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indo nesia (Perwira) ditawari modal usaha dana bergulir yang dapat diakses melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi…

 Festival Gebyar Labuhan Sarangan di Telaga Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Foto: kelanakota.suarasurabaya.net)

Senin, 16 April 2018 - 20:00 WIB

Ungkapan Rasa Syukur, Warga Magetan Gelar Festival Gebyar Labuhan Sarangan

Sebagai ungkapan rasa syukur, warga dan Pemerintah Kabupaten Magetan menggelar Festival Gebyar Labuhan Sarangan di Telaga Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Foto: Humas)

Senin, 16 April 2018 - 19:52 WIB

Menperin: Industri 4.0 Ciptakan Efisiensi Produksi dan Profesi Baru

Implementasi Industri 4.0 akan membawa beberapa perubahan paradig ma, baik itu cara bekerja, proses manufaktur, keterampilan sumber daya manusia yang dibutuhkan, maupun cara konsumsi.

selengkapnya

Industri Populer

1
Mensos Idrus Marham Ajak ABH Bertaubat Hadapi Masa Depan
2
Divestasi Freeport Indonesia Sudah di Ujung Akhir
3
Cakra Buana: Pengawalan Tidaklah Cukup untuk Membalas Jasa-Jasa Rizal Ramli Terhadap Indonesia
4
INKA Siap Ekspor 10 Lokomotif ke Senegal
5
Menko Maritim Luhut Binsar Yakinkan Tiongkok Terkait KA Cepat
6
Traveling Sepuasnya, Sriwijaya Air Luncurkan SJ Travel Pass
7
KPK Hibahkan Aset Korupsi Fuad Amin Senilai Rp17 Miliar
8
Tiga Investor Ini Minat Garap Proyek Kereta Layang Lingkar Jakarta
9
Jaksa Tolak Seluruh Pledoi Penasihat Hukum Setya Novanto
10
Irene Red Velvet Peringkat P ertama Reputasi Brand Anggota Girl Grup

Magazine

EBT HARGA MATI

Majalah Industry

Maret 2018
Subscribe Scoop Logo

LOWONGAN KERJA

OPINI

Ahmad Iskandar: Dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)
Menanti Musim Bunga Kredit Murah
Fahmy Radhi, Pengamat Ekonomi Energi UGM dan Mantan Anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas (Foto:isigood.com)
BBM Penugasan
Ketua Harian Dekopin Agung Sudjatmoko
Koperasi di Zaman Milenial
Dhitta Puti Sarasvati dan Rizal Ramli
BAPAKKU
dr. Terawan Agus Putranto (Foto Dok Industry.coid)
Memohon Demi Melindungi Hak Konsumen
Sumber: Google News | Berita 24 Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »