www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Unit Kerja Kantor Imigrasi Morowali mulai beroperasi

Posted by On 03.27

Unit Kerja Kantor Imigrasi Morowali mulai beroperasi

Unit Kerja Kantor Imigrasi Morowali mulai beroperasi

id Imigrasi,Antara,Morowali,paspor

Kadiv Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sulteng Sumantri Sihite (tengah) berbincang dengan Kepala Biro Perum LKBN Antara Sulteng Rolex Malaha (kiri) di Palu, Rabu (21/2) (Antaranews Sulteng/Anas Massa)

Unit Kerja Kantor Imigrasi Banggai di Morowali ini akan jadi embrio pembentukkan Kantor Imigrasi Morowali Palu (Antaranews Sulteng) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Tengah telah mengoperasikan Unit Kerja Kantor Imigrasi Banggai di Kabupaten Morowali untuk memperlancar urusan penerbitan paspor bagi para jemaah calon haji.
"Mulai Februari ini kami sudah operasikan Unit Kerja Kantor Imigrasi di Morowali yang akan menjadi embrio pembentukkan Kantor Imigrasi Morowali yang terpisah dari Kantor Imigrasi Banggai," kata Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenhukham Sulteng Sumantri Sihite, SH.M.AP saat berkunjung ke Kantor Biro Antara Sulteng di Palu, Rabu.
Menurut dia, Unit Kerja Kantor Imigrasi di Morowali, kabupaten penghasil nikel yang mempekerjakan ribuan pekerja asing itu, akan menjadi perpanjangan tangan pelayanan Kantor Imigrasi Banggai di Kota Luwuk.
Tugas pertama yang diemban Unit Kerja Imigrasi Morowali itu adalah melayani penerbitan paspor untuk jamaah calon haji dari Kabupaten Morowali dan Morowali Utara.
"Dengan demikian, para jemaah calon haji tidak perlu lagi jauh-lauh berjalan atau berlayar menuju Kantor Imigrasi Luwuk, Kabupaten Banggai, untuk mengurus paspor. Jadi akan ada efisiens i biaya dan juga waktu dan tenaga yang harus dibuang para jamaah calon haji," katanya.
Unit Kerja Kantor Imigrasi di Morowali tersebut, kata Sumantri, juga ditugaskan memberikan pelayanan Imigrasi secara bergerak (mobile) kepada masyarakat terutama yang jauh dari ibu kota Kabupaten Morowali.
Unit kerja Imigrasi ini berkantor di Kantor Bupati Morowali, dan akan dikembangkan menjadi Kantor Imigrasi seperti di Kota Palu dan Luwuk, atas kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Morowali.
Baca juga: Imigrasi Palu 2017 Terbitkan 10.954 Paspor
"Sesuai kesepakatan, Pemda Morowali akan menyiapkan gedung dan peralatan kerja, sementara sistemnya akan disediakan Ditjen Imigrasi. Kami targetkan, Maret 2018 nanti, Unit Kerja Imigrasi Morowali ini sudah akan beroperasi penuh dengan memberikan pelayanan paspor umum dan kebutuhan layanan keimigrasian lainnya, jadi tidak terbatas hanya pelayanan paspor haji saja," katanya.
Terkait penerbitan paspor untuk jamaah calon haji, kata Sumantri, pihaknya membuka layanan khusus setiap hari Sabtu untuk penerbitan paspor calon haji dari kabupaten-kabupaten.
"Kita memberikan layanan khusus kepada calon haji setiap hari Sabtu untuk jamaah dari luar kota Palu. Jadi pelayanan paspor haji tidak bercampur dengan pelayanan umum, dan paspor haji terbit dalam satu hari saja," ujarnya.
Kadiv Imigrasi Sumantri Sihite yang didampingi seorang kepala bidangnya berkunjung ke Kantor Biro Antara Sulteng dalam rangka silaturahim dan lebih mempererat hubungan kerja yang sudah terjalin selama ini.
Ia diterima Kepala Biro Perum LKBN Antara Sulteng Rolex Malaha dan sejumlah wartawan yang sedang menggelar rapat redaksi dan dilanjutkan dengan dialog terkait tugas-tugas keimigrasian selama sekitar 90 menit.
Kadiv Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sulteng Sumantri Sihite (tengah) berbincang wartawan LKBN Antara Biro Sulteng. (Antaranews Sulteng/Anas Massa)

Pewarta : Anas Massa
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Seputar Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »