www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sulteng genjot produksi bawang merah dan cabe

Posted by On 20.03

Sulteng genjot produksi bawang merah dan cabe

Sulteng genjot produksi bawang merah dan cabe

id bawang, cabai,sulteng

Petani cabe (FOTO ANTARA)

Palu (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah pada musim tanam 2018 ini bertekad mengenjot produksi dan produktivitas tanaman bawang merah dan cabe (babe) untuk memenuhi permintaan pasar lokal dan antarpulau.
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng Trie Iriayani Lamakampali di Palu, Kamis, mengatakan permintaan pasar terhadap komoditi babe cukup tinggi baik lokal maupun luar daerah namun hingga saat ini, produksi lokal belum bisa memenuhi permintaan tersebut.
Da lam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun pasar, terutama dari beberapa daerah, termasuk Kalimantan yang selama ini merupakan pasar terbesar berbagai jenis komoditi hortikultura Sulteng, Pemprov Sulteng pada 2018 ini telah menargetkan peningkatan produksi dan produktivitas komoditi bawang merah, bawang putih dan cabe.
Untuk komoditi bawang merah, kata Trie, Pemprov Sulteng menargetkan produksi selama setahun sebanyak 20.894 ton dari lahan tanam seluas 2.580 hektare. Sementara produktivitas tanaman bawang merah ditargetkan meningkat menjadi 85,25 kuintal/hektare.
Berikutnya, produksi bawang putih ditargetkan mencapai 4.964 ton yang diharapkan diperoleh dari lahan tanam seluas 645 hektare. Produktivitas diharapkan bisa mencapai 80,97 kuintal/hektare. Komoditi cabe besar ditargetkan 12.198 ton dan cabai rawit 26.814 ton.
Harga bawang merah di pasaran Kota Palu saat ini mencapai Rp20.000/kg, bawang putih Rp25.000/kg, cabai besar Rp15.000/kg dan cabai rawit Rp20.000/ kg.
Pantuan di Pasar Tradisional Masomba Palu, stok bawang dan cabai di kuasai pedagang cukup memadai.
Pewarta : Anas Masa
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Seputar Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »