www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Staf ahli Kementan minta data peta tanam dan panen

Posted by On 00.01

Staf ahli Kementan minta data peta tanam dan panen

Staf ahli Kementan minta data peta tanam dan panen

id padi

Arsip: Sejumlah petani bergotong royong menanam padi di Desa Sidera, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (5/12). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Sulawesi Tengah selama November 2017 sebesar 96,42 atau naik 1,36 persen dibandingkan NTP bulan sebelumnya. (ANT

Saya berharap peta tanam dan panen mendapat perhatian karena itu menjadi dasar bagi Perum Bulog untuk melakukan kegiatan pembelian gabah dan beras Palu, (Antaranews Sulteng) - Seorang staf ahli di Kementerian Pertania n, Mat Sukur minta kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura untuk Provinsi Sulawesi untuk memperhatikan masalah peta tanam dan panen padi di daerah itu.
"Saya berharap peta tanam dan panen mendapat perhatian karena itu menjadi dasar bagi Perum Bulog untuk melakukan kegiatan pembelian gabah dan beras," katanya di Palu, Rabu.
Ia mengatakan data/peta tanam dan panen di masing-masing daerah di Sulteng sangat penting supaya Bulog mengetahui secara pasti dimana saja sebaran tanam dan panen padi.
Dengan demikian, Bulog bisa tahu kapan tanam dan panen sehingga pembelian gabah/beras bisa lebih maksimal lagi dari tahun-tahun sebelumnya.
Karena itu, informasi soal peta tanam dan panen menjadi sangat penting dan dibutuhkan.
"Saya sangat berharap Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng dapat memperhatikan soal peta dimaksud," harap Sukur.
Dia juga meminta Bulog Sulteng mempertahankan kinerja dalam hal pengadaan gabah/beras un tuk memenuhi kebutuhan stok nasional.
Memang pada 2017, Bulog Sulteng sangat berhasil dalam pengadaan gabah/beras stok nasional dengan melakukan pembelian melebihi dari target pengadaan yang ditetapkan Perum Bulog.
Secara prosentase penyerapan beras nasional, Bulog Sulteng paling tertinggi dalam hal pembelian beras petani.
Bulog menempati peringkat pertama dalam prosentase penyerapan beras pada musim panen (MP) 2017.
Sukur juga meminta Kepala Perum Bulog Sulteng, Khozin untuk rutin dapat melaporkan realisasi serapan gabah petani (sergap) di daerah ini.
Ini sangat penting agar bisa mengetahui sejauh mana Bulog merealisasi pembelian gabah/beras di Provinsi Sulteng yang merupakan salah satu daerah di Pulau Sulawesi yang selama ini telah memberikan kontribusi besar terhadap penyediaan stok beras nasional.
Sementara Kepala Perum Bulog Sulteng melalui Kepala Bidang Pengadaan dan OPP, Bahar Haruna mengatakan pada musim panen (MP) 2018 ini, Bulog rencana membeli sekitar 40.000-an ton beras petani lokal.
Pada 2017, Bulog Sulteng berhasil menyerap beras petani sebanyak 43.000an ton atau melebihi target ditetapkan 42.160 ton. Pewarta : Anas Masa
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Seputar Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »