www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Sulteng: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulteng: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Polres Palu tangkap 15 pelaku kriminal

Posted by On 20.03

Polres Palu tangkap 15 pelaku kriminal

Polres Palu tangkap 15 pelaku kriminal

id curanmor

Arsip: Tersangka pencuri motor di Palu. (FOTO ANTARA/Mohamad Hamzah)

Pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut dan kami akan proses sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku Palu, (Antaranews Sulteng) - Kepolisian Resort Palu, Sulawesi Tengah, menangkap 15 pelaku kriminal berupa pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan penadahnya, pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian dengan pemberatan (curat) sepanjang Januari 2018.
"Secara keseluruhan keberhasilan Polres Palu dalam menangkap pelaku curanmor, pen adah, curas dan curat sebanyak 15 tersangka," ungkap Perwira Urusan Humas Polres Palu Aipda Kadek Aruna, di Palu, Rabu.
Kadek menguraikan 15 pelaku itu terdiri atas 3 tersangka curanmor, 3 tersangka penadah curanmor, 6 orang curas, dan 3 tersangka curat.
Pelaku curanmor melakukan aksi-nya di empat wilayah di Kota Palu meliputi Kecamatan Palu Barat, Palu Utara, Palu Timur dan Palu Selatan. Pelaku bereaksi dengan modus menggunakan kunci T, mendorong kendaraan yang masih terdapat kunci motor, serta kendaraan yang tidak terpantau CCTV.
"Untuk kasus curanmor, Polres Palu mengamankan barang bukti berupa tiga unit kendaraan roda dua," ujar Kadek.
Pelaku curanmor dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 9 tahun penjara.
Sementara 3 tersangka penadah curanmor disangkakan dengan pasal 480 KUHP ancaman pidana penjara empat tahun dan denda.
Ia menyebut 6 pelaku curas bereaksi di Kecamatan Palu Selatan sebanyak 2 kali, pelaku merampas bar ang milik korban dan mengancam korban. Pihaknya mengamankan 20 barang yang digunakan pelaku saat menjalankan aksinya di wilayah Palu Selatan.
"Kami mengenakan dua pasal yaitu 365 ayat 2 ke 2e KUHP tindak pidana pencurian dengan kekerasan, ancaman 7 tahun pidana penjara. Kemudian, pasal 368 ayat 1 KUHP," sebutnya.
Selanjutnya 2 tersangka pelaku curat yang bereaksi dengan modus melakukan pencurian dengan cara membuka paksa pintu rumah korban dan mengambil TV, bereaksi sebanyak 3 kali di dua wilayah yaitu Kecamatan Palu Timur dan Palu Selatan.
Saat ini ke-15 pelaku tersebut ditahan di rumah tahanan negara Polres Palu.
"Pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut dan kami akan proses sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku," terang Kadek Aruna. Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Seputar Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »