www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pemda Poso-Kanwil BPN kerja sama latih juru ukur tanah

Posted by On 00.40

Pemda Poso-Kanwil BPN kerja sama latih juru ukur tanah

Pemda Poso-Kanwil BPN kerja sama latih juru ukur tanah

id Poso,BPN,MoU

(kiri ke kanan) Bupati Poso Darmin A. Sigilipu, Kakanwil BPN Sulteng Jonahar dan Kepala BPSDM Poso Yan Edwar Guluda menandatangani MoU pelatihan juru ukur tanah di Poso, Senin (12/2) (Antaranews Sulteng/Feri)

Setelah pelatihan ini, Poso diharapkan tidak kesulitan tenaga juru ukur tanah lagi Poso (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Poso bekerja sama dengan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan ATR Sulteng menggelar diklat juru ukur tanah/asisten surveyor Kadaster Berlisensi di gedung Diklat BKPSDM Kabupaten Poso, Senin.
Dalam pembukaan diklat tersebut, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dan Kepala Kanwil BPN-ATR Sulteng Jonahar menantangani MoU tentang Penyelenggaan Pendidikan dan Pelatihan Juru Ukur Tanah/Asisten Surveyor Kadaster di Kabupaten Poso Tahun 2018.
Kakanwil BPN juga menantangani Perjanjian Kerja Sama dengan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Poso Yan Edward Guluda.
Kepala Kanwil BPN Sulteng Jonahar menyampaikan diklat seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Poso sehingga diharapkan Poso nantinya tidak akan kekurangan asisten surveyor kadaster berlisensi untuk melayani masyarakat.
Menurut dia, ada 80.000 data pendaftaran tanah yang dikumpulkan selama Maret-Mei 2017 dan pada bulan Juni hingga Juli 2018 harus selesai pengurusan administrasinya.
Ia juga menyebutkan bahwa pelatihan seperti ini merupakan bagian dari program Nawacita Presiden Joko Widodo dan Wakil Pres iden Jusuf Kalla.
Sementara itu, Bupati Poso Darmin Sigilipu mengatakan bahwa tenaga juru ukur tanah baik surveyor kadaster maupun asisten surveyor kadaster berlisensi, masih sangat terbatas jumlahnya di Kabupaten Poso. Oleh karena itu pemda bekerja sama dengan Kanwil BPN Sulteng untuk menggelar diklat ini.
Darmin mengatakan bahwa dalam diklat ini Pemda Poso dan Kanwil BPN Sulteng akan membekali para pemuda yang telah terpilih dengan keterampilan melakukan survey dan pemetaan pertanahan dalam rangka pendaftaran tanah, yang sudah pasti akan menjadi salah satu bekal hidup mereka dalam pengabdian dan pelayanan di tengah-tengah masyarakat.
Kegiatan ini akan dilakukan secara berkesinambungan untuk mendukung proses percepatan pendaftaran tanah di Kabupaten Poso dan akan berdampak bagi kemajuan daerah.
"Para pimpinan unit kerja atau Kepala OPD dan BPN Kabupaten Poso nantinya benar-benar memanfaatkan dan memberikan kesempatan untuk terus mempraktekan dan mempermahir ke terampilan yang ditunjang dengan SDM yang mereka miliki melaui tugas pengukuran di wilayah Poso," kata Darmin.
Kepala BKPSDM Pemda Poso Edward Guluda melaporkan kegiatan ini dilaksanakan selama 15 hari atau 120 jam pembelajaran mulai Senin 12 Februari hingga 5 Maret 2018, dengan jumlah peserta diklat sebanyak 45 orang terdiri atas 40 orang.
Semua peserta mengikuti seleksi sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan dalam profesi tersebut dan 5 orang adalah pegawai pemerintah daerah yang bertugas sebagai juru ukur. Pewarta : Feri Timparosa
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Seputar Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »