www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Palolo pintu gerbang kakao di Sigi

Posted by On 07.20

Palolo pintu gerbang kakao di Sigi

Palolo pintu gerbang kakao di Sigi

id kakao

Panen kakao hasil program intensifikasi perkebunan Petani desa Lembantongoa panen kakao hasil program intensifikasi perkebunan (Foto Antara/Anas Massa)

Sigi, (Antaranews Sulteng) - Kecamatan Palolo merupakan kawasan sentra produksi sekaligus menjadi pintu gerbang komoditi ekspor kakao di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.
"Palolo adalah sentra produksi kakao terbesar di Sigi, ini akan terus kit pertahankan dan kembangkan ke depan," kata Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapata di Sigi, Jumat.
Ia mengatakan bahwa Kecamatan Palolo memiliki areal perkebun an kakao paling luas sehingga tidak heran jika Kecamatan ini menjadi pintu gerbang komoditi perkebunan yang menjadi unggulan Pemkab Sigi.
Karena itu, kata Irwan, ada rencana dari Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi memberikan mesin pengolahan biji kakao pada 2018 ini.
Mesin pengolahan kakao dimaksud, kata dia, akan memproduksi biji kakao menjadi serbuk kakao (setengah jadi).
"Kami berharap jika bantuan tersebut sudah terealisasi, maka petani tidak lagi menjual hasil panen dalam bentuk biji ke pasaran luar daerah seperti selama ini terjadi," kata Bupati Irwan.
Baca juga: Petani Kakao Sigi Gembira Melihat Hasil Panen
Hasil-hasil produksi petani selama bertahun-tahun dipasarkan ke Kota Palu. Tapi nanti setelah mesin pengolahan biji kakao menjadi sudah ada, seluruh produksi petani bisa dijual kepada pihak pabrik sehingga petani mendapat nilai tambah.
Dengan demikian, harga pembelian kakao tidak akan berfluktuasi seperti selama ini t erkadang naik dan turun sehingga merugikan petani.
"Kalau pabrik yang beli otomatis harganya akan stabil," kata bupati.
Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sigi Mulyadi Hiola mengatakan luas areal kakao di daerah itu hingga kini mencapai 27.000 hektare sedangkan produksi rata-rata tiap tahun sekitar 104.000 ton.
Harga biji kakao di pasaran Kota Palu saat ini berkisar Rp24.000/kg. Harga itu berlaku di tingkat pedagang pengumpul.
Baca juga: Gubernur: Sulteng Penghasil Kakao Terbesar Di KTI Pewarta : Anas Masa
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Keuangan Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »