www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bulog Sulteng tetap gelar operasi pasar

Posted by On 09.22

Bulog Sulteng tetap gelar operasi pasar

Bulog Sulteng tetap gelar operasi pasar

id Operasi pasar

DOKUMEN. Sejumlah warga berbelanja kebutuhan pokok yang dijual pada pasar murah yang digelar di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (13/2). Pasar murah yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan sejumlah BUMN dan distributor (ANTARASulteng/Mohamad Hamzah/18./)

...kalaupun saat panen, harga beras di pasaran masih tinggi, operasi pasar tetap dilakukan Palu, (Antaranews Sulteng) - Bulog Sulawesi Tengah hingga kini masih menggelar operasi pasar untuk pkomoditi beras sampai memasuki panen raya.
"Tapi kala upun saat panen, harga beras di pasaran masih tinggi, operasi pasar tetap dilakukan," kata Kepala Perum Bulog Sulteng, Khozin di Palu, Rabu.
Ia mengatakan pada 2017 realisasi operasi pasar hanya menjual sekitar 126 ton beras.
Sementara selama kurun Januari sampai medio 2018, Bulog Sulteng sudah merealisasi pelaksanaan operasi pasar dengan menjual sebanyak 2.316 ton.
Realisasi penjualan beras melalui operasi pasar sebanyak itu dilakukan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sulteng.
Bulog dalam melaksanakan operasi pasar bekerja sama dengan pengecer beras di pasar-pasar tradisional dan juga lewat rumah pangan kita (RPK).
Di Sulteng, kata dia, jumlah RPK sudah sekitar 800 tersebar di kabupaten dan Kota Palu terbanyak, tanpa merinci.
Bulog menjual beras jenis medium rata-rata Rp8.500/kg yang berarti jauh lebih rendah dibandingkan HET (harga eceran tertinggi) ditetapkan pemerintah pusat.
HET beras medium ditetapkan pemerintah pusat sebesar Rp9.450/kg da n beras jenis premium (kualitas terbaik) Rp12.800/kg.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng, Arief Latjuba mengatakan pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada Perum Bulog yang telah melaksanakan operasi pasar sejak dari awal Januari 2018 ketika harga beras di pasaran naik karena belum tiba masa panen.
Dengan kegiatan tersebut, masyarakat bisa membeli beras murah yang dijual Bulog baik di pasar-pasar tradisional maupun RPK tersebar di seluruh wilayah Sulteng.
Menurut dia, intervensi Bulog dengan menggelar operasi pasar sangat membantu masyarakat ekonomi lemah.
Dampak posisif lainnya, kata Arief, harga beras di tingkat pengecer relatif stabil dan terkendali.
Pewarta : Anas Masa
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Keuangan Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »