www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Buah naga Nasdem mulai diminati pelaku usaha

Posted by On 09.56

Buah naga Nasdem mulai diminati pelaku usaha

Buah naga Nasdem mulai diminati pelaku usaha

id nasdem

Istri Ketua DPW Nasdem Sulteng Ahmad M Ali SE, Dr Hj Nilam Sari Lawira meninjau kebun buah naga milik Nasdem di Kecamatan Dolo. (Ist)

Sigi, Sulawesi Tengah, (Antaranews Sulteng) - Hasil perkebunan buah naga milik Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasdem Provinsi Sulawesi Tengah di Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, mulai diminati para pelaku usaha restoran di Kota Palu.
Ketua Petani Nasdem Sulteng Mansur M Yahya mengemukakan buah naga yang dikembangkan oleh Partai Nasdem di Desa Kotarindau, Sigi, mulai memberi hasil ekonomis.
"Ada restoran dan cafe yang sudah berlangganan dengan kami. Dan kami mulai menyuplai buah naga ke mereka yang memesan," ungkap Mansur M Yahya, di Palu, Selasa.
Mansur mengatakan buah naga milik Nasdem mulai dikembangkan pada Maret 2017 di Desa Kotarindau, Sigi. Sebagian buah naga itu kini telah berusia hampir setahun dan telah memasuki tahap panen.
Ia mengaku bahwa, pihaknya telah melakukan panen terhadap buah naga yang dikembangkan sebanyak tiga kali. Setiap panen menghasilkan 100 kilo gram buah naga.
Saat ini permintaan terhadap buah naga tersebut semakin banyak. Namun, akui dia, pihaknya belum dapat memenuhi permintaan pasar yang merupakan usaha menengah ke atas, dikarenakan hasil panen sangat rendah.
Karena itu, pihaknya berupaya untuk mengembangkan hasil panen agar dapat memenuhi permintaan pasar yang kemudiaan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan serta kemandirian organisasi.
"Waktu panen kurang lebih dua minggu sekali panen. Di bulan Maret nanti akan panen ke empat kalinya," ujarnya.
Buah naga yang dipanen, kata Mansur, didistribusikan di pasar lokal di Sigi serta Palu. Bahkan disuplai ke cafe dan restoran Winner Sport di Kelurahan Silae.
"Kami telah memiliki pelanggan tetap yaitu Winner Sport. Sekali pesan mencapai 15 kilogram," katanya.
Dirinya mengaku bahwa hasil dari panen atas buah naga itu belum menjadi kas dari partai khususnya DPW Nasdem Sulteng, karena masih dalam tahap pengembangan dan pemeliharaan. seperti pembelian bibit dan transportasi.
Saat ini Nasdem baru membangun kebun buah naga seluas empat hektare yang ditanami sebanyak 4.000 pohon
Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Muhammad Hajiji
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Seputar Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »