www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

50 pelaku UMKM dapat bimbingan pengembangan usaha

Posted by On 04.50

50 pelaku UMKM dapat bimbingan pengembangan usaha

50 pelaku UMKM dapat bimbingan pengembangan usaha

id sudaryano

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu, Sudaryano R Lamangkona (Foto Antara)

Kita fasilitasi mulai dari pembentukan kelompok, akses permodalan dan pemasaran sampai dengan tahun 2021. Target kita 2021, kelompok yang dampingi sudah bisa mandiri Palu, (Antaranews Sulteng) - Sebanyak 50 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mendapat bimbingan teknis permodalan dan pengembangan usaha dari pemerintah kota setempat di Palu, Selasa.
Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja Kota Palu Sudaryano Lamangkona mengatakan bimbingan tersebut dilakukan untuk mempercepat terwujudnya kelurahan inovasi, unggul, dan mandiri menuju Palu kota destinasi.
"Pelatihan ini dibagi dalam dua angkatan. Angkatan pertama ini khusus pelaku usaha kuliner dan handycraft," katanya di sela-sela pelatihan di salah satu hotel di Kota Palu.
Menurut Sudaryano, angkatan berikutnya rencananya akan dilaksanakan dua bulan mendatang dengan segmen usaha yang berbeda.
Setidaknya terdapat 11 segmen usaha yang menjadi program unggulan pemerintah Kota Palu yang dikemas dalam program kelurahan inovasi, unggul dan mandiri menuju Palu kota destinasi.
Sebanyak 11 produk unggulan tersebut antara lain kuliner khas lokal, kerajinan tangan dari bambu, rotan dan tanah liat, batu, tenun dan bawang goreng. Jenis usaha tersebut difokuskan pada 18 kelurahan dari 48 kelurahan di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.
Sudaryano mengatakan pelaku u saha khususnya usaha kecil perlu didampingi baik permodalan maupun manajemen sehingga bisa mengembangkan usahanya lebih cepat dari sebelumnya.
Sementara itu Sekretaris Kota Palu Asri saat membuka pelatihan tersebut mengatakan pemerintah Kota Palu sangat serius mendorong ekonomi masyarakat melalui sektor jasa sehingga pemerintah akan terus mendampingi para pelaku usaha sampai nanti bisa mandiri.
Mandiri kata Asri, tidak saja dari sisi produk dan pembiayaan tetapi juga akses pasar terhadap produk.
"Kita fasilitasi mulai dari pembentukan kelompok, akses permodalan dan pemasaran sampai dengan tahun 2021. Target kita 2021, kelompok yang dampingi sudah bisa mandiri," katanya.
Asri mengatakan untuk memajukan UMKM di Kota Palu tidak terkendala pada modal tetapi juga manajemen usaha dan pasar. Oleh sebab itu kata dia, perlu dilakukan upaya serius untuk membuka akses modal dan pemasarannya.
"Kadang-kita terbentur modal. Sudah ada modal, ternyata pasarnya t idak siap. Makanya pemerintah mendampingi para pelaku usaha ini supaya bisa mandiri," katanya.
Asri menegaskan kelurahan inovasi, unggul dan mandiri, merupakan salah satu misi pemerintah Kota Palu dibawah kepemimpinan Wali Kota Hidayat dan Wakil Wali Kota Sigit Purnomo Said.
Misi ini kata dia, harus diwujudkan karena Kota Palu ke depan akan digiring menjadi kota destinasi. Pewarta : Adha Nadjemudin
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Ekonomi Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »