www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Komunitas Medsos Zaman Now

Posted by On 02.49

Komunitas Medsos Zaman Now

Komunitas Medsos “Zaman Now”

Pewarta : Fauzi Lamboka id BeeTalk, Komunitas Medsos, HKN 2017, HKN Sulteng

Kumpul Bersama Komunitas Media Sosial BeeTalk di salah satu cafe di Kota Palu, Kamis (9/11) (www.antarasulteng.com/Fauzi)

KAMIS malam, Eno terlihat sibuk di salah satu kafe yang dikelolanya, beberapa bulan terakhir. Bukan sedang sibuk untuk melayani pengunjung kafe, tetapi dirinya sedang mempersiapkan kedatangan kawan-kawan dari media sosial yang menjadi wadah berbagi informasi di dunia maya.
“Kita Mau “Kopi Darat”, untuk persiapan kegiatan sosial bersama,” kata wanita dengan nama leng kap Lieoni Carlina.
Eno membangun komunitas group melalui salah satu media sosial “BeeTalk”. Bagi Eno, Medsos dengan logo lebah itu, selama ini sedikit memiliki citra negatif dibanding beberapa Medsos yang sering digandrungi anak muda, seperi Facebook, Twitter atau pun Instagram.
“Saya mengelola group yang kami berinama Ketawa Bersama (KB),” ungkapnya.
Selain group itu, kata Eno, masih banyak group serupa yang tujuannya sama, untuk saling bertukar informasi hingga mencari pasangan hidup.
“Yups, ada juga yang cari pacar, dan itu tidak bisa dihindari,” ujarnya.
Ferguson (2004), komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orangâ€"orang yang tidak saling mengenal, memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepad a penghuninya.
Dalam komunitas Medsos kata Eno, semua diskusi dan informasi bersifat cair, namun tetap memperhatikan norma-norma, seperti tidak membicarakan suku, agama dan ras.
Komunitas Medsos juga bisa membagun keakraban antar sesama anggota, yang harapannya, tidak hanya di dunia maya, tetapi dapat juga dilakukan di dunia nyata.
“Terkadang dalam obrolan grup, begitu akrab, tetapi saat bertemu, masih ada perasaan segan dan malu-malu,” ungkapnya.
Eno menaruh harapan, dengan adanya “Kopi Darat” atau kumpul bersama di dunia nyata, dapat mempererat hubungan silaturahmi dan pertemaman yang sudah dibangun di dunia maya.
“Saat ini, jumlah anggota dari beberapa group di BeeTalk mencapai 100 orang,” imbuhnya.
Selain group KB, beberapa grup lainnya seperti Traveling Tim Palu, Pertemanan BeeTalk, Teman Nongkrong Palu, Sahabat Kota Palu, The Outskirts, Next Generation hingga Jurnalisme Warga.
Buktikan Dengan Aksi Sosial
Momentum Peringatan Hari Kes ehatan Nasional (HKN) tahun 2017, tingkat Sulawesi Tengah, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Sulteng, di Anjungan Nusantara, Pantai Talise Teluk Palu, Minggu, 12 November 2017 mendatang, merupakan waktu yang tepat untuk mengumpulkan anggota Komunitas Medsos tersebut.
“Kami ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah serta pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis,” ungkap Fajriyani Firdaus, S.Sos
Bagi perempuan yang akrab dipanggil Nini itu, Komunitas Medsos juga digunakan untuk membagun jaringan pertemanan, hingga akhirnya bisa melakukan aksi sosial bagi masyarakat.
Untuk membuktikan itu, Komunitas Medsos BeeTalk ikut ambil bagian dengan membangun kerjasama dalam menyukseskan HKN tahun 2017 di Kota Palu.
Walaupun dengan banyaknya keterbatasan, kata Nini, itu tidak menjadi satu halangan dan hambatan untuk membuktikan, ada karya nyata dari Komunitas Medsos. Group KB kata dia, telah meminta sejumlah instansi seperti Dinas Kesehatan Kota Palu, Rumah Sakit Anutapura Palu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palu, hingga Pemerintah Kelurahan Besusu Barat, untuk bekerjasama dalam aksi sosial tersebut.
“Kami telah bertemu penanggungjawab HKN 2017, untuk ikut memberikan kontribusi dalam kegiatan itu,” ungkap Nini.
Kegiatan donor darah, merupakan agenda pertama kali yang dilakukan di komunitas Medsos BeeTalk, yang selama ini hanya sebatas kegiatan-kegiatan bakti sosial yang dilakukan masing-masing komunitas.
“Kami mengambil inisiatif, untuk mengumpulkan semua group yang ada, dan membuat satu kegiatan bersama, agar lebih meriah lagi,” ujarnya.
Donor darah dan cek kesehatan dimulai pukul 07.00 wita sampai pukul 11.00 wita.
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulteng, Nurhasni mengatakan dalam peringakan HKN tahun 2017 di Palu, sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya car free day, jalan santai, gerakan makan buah, senam masal, workshop, cek kesehatan dan konsultasi kesehatan, donor darah, hingga teleconfrence (ngobrol jarak jauh) bersama Presiden Jokowi.
Ide aksi sosial di dunia nyata, disambut positif oleh sejumlah pengelola group komunitas Medsos BeeTalk. Pengelola Group The Outskirts, Arul memberikan dukungan penuh atas kegiatan itu, karena selama ini, group yang dikelolanya telah melakukan aksi sosial yang khusus membantu masyarakat yang berada di pinggiran Kota Palu.
“Saya mendukung sepenuhnya kegiatan ini, bahkan koordinasi anggota group, sudah dilakukan dalam seminggu terakhir,” kata aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Palu itu. (FZI)
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017Sumber: Antara Seputar Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »