www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Danau Tambing Pusat Pendidikan Konservasi

Posted by On 03.19

Danau Tambing Pusat Pendidikan Konservasi

Danau Tambing Pusat Pendidikan Konservasi

Pewarta : Oleh Anas Masa id tambing, tnll, wisata

Salah satu destinasi wisata Sulawesi Tengah, Danau Tambing, Poso (Foto antara/ Anas Masa)

Palu, (antarasulteng.com) - Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) berharap obJek wisata alam Danau Tambing di kawasan itu bisa dikembangkan menjadi pusat penelitian dan pendidikan konservasi.
"Saya sangat berharap ke depan, Danau Tambing bukan hanya sekadar tempat wisata, tetapi pusat penelitian dan pendidikan konservasi," kata Kepala Balai Besar TNLL Sudayatna di Palu, Kamis.
Karena itu, pihaknya terus berupaya melengkapi sejumlah sarana dan prasana yang dibutuhkan guna mewujudkan harapan tersebut.
Ia mencontohkan tentang sarana yang dibutuhkan, seperti data basis soal objek wisata yang ada di dalam maupun di luar kawasan, satwa, dan flora lainnya.
Ke depan, pihaknya akan memasang layar lebar untuk kepentingan informasi keberadaan taman nasional dan berbagai satwa serta tumbuhan atau tanaman di kawasan tersebut.
Dengan demikian, katanya, setiap pengunjung yang datang ke lokasi itu bisa mendapatkan pengetahuan, terutama kalangan pelajar, mahasiswa, peneliti, dan wisatawan nusantara maupun mancanegara.
Selama ini, kata dia, banyak peneliti dari berbagai negara di dunia datang dan bermalam beberapa hari hanya untuk mengamati dan meneliti flora dan fauna, termasuk endemik yang hanya ada di kawasan wisata alam tersebut.
Selain itu, para peneliti dari berbagai daerah di Tanah Air juga datang ke Danau Tambing untuk melakukan penelitian.
Pengelola ka wasan itu, yakni Balai Besar TNLL terus mendorong kepada pemerintah agar objek wisata Danai Tambing selain telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan di provinsi itu, juga bisa menjadi pusat penelitian dan pendidikan konservasi.
Ia mengatakan kondisi alam di sekitar danau masih terlihat "perawan" sehingga perlu dijaga bersama.
-
Objek wisata Danau Tambing terletak di ketinggian 1.700 dari permukaan air laut pada poros jalan provinsi yang menghubungkan Kota Palu dengan Dataran Napu, Kabupaten Poso.
Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Palu dan dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam menggunakan sepeda motor atau mobil. Jalan dari Palu menuju Napu sudah beraspal sehingga kendaraan bisa melaju dengan kecepatan tinggi.
Sepanjang perjalanan dari Desa Tongoa, Kabupaten Sigi menuju objek wisata tersebut terlihat di sisi kiri dan kanan jalan sebelum memasuki kawasan hutan Desa Sed oa, Kabupaten Poso, terdapat kebun kakao dan kopi milik masyarakat.
Sesuai data, pada hari libur, objek wisata Danau Tambing dikunjungi 500-600 wisatawan lokal dan mancanegara.
Di dalam lokasi terdapat danau seluas sekitar enam hektare, rumah anggrek, beberapa jenis tumbuhan langka, seperti kantong semar dan tempat camping.
Bagi mereka yang suka memancing, bisa memancing ikan di danau secara leluasa.
Editor: Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2017Sumber: Antara Seputar Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »