www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sulawesi Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Legislator Dan Lipi Sepakat Kembangkan Pertanian Berbasis Teknologi

Posted by On 03.40

Legislator Dan Lipi Sepakat Kembangkan Pertanian Berbasis Teknologi

Legislator Dan Lipi Sepakat Kembangkan Pertanian Berbasis Teknologi

id nasdem

Anggota Komisi VII DPR RI Ahmad M Ali bersama Kepala Sub Bidang Perencanaan Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan Ex-Situ LIPI Danang Wahyu Purnomo, memberikan keterangan kepada wartawan mengenai pengembagan pertanian berbasis tekhnologi di Sigi, Selasa. (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Sigi, (Antaranews.com) - Anggota Komisi VII Bidang Energi Sumber Daya Mineral DPR RI Ahmad M Ali bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersepakat untuk mengembangkan pertan ian di Sulawesi Tengah dengan pendekatan teknologi.
Ahmad M Ali mengatakan petani harus mengubah cara mengelola dan mengembangkan pertanian dari otodidak ke pengelolaan berbasis teknologi.
"Selama ini hasil pertanian oleh petani di Sulawesi Tengah belum maksimal. Hal ini karena petani dalam mengelola pertanian masih otodidak, belum sepenuhnya bersandar pada tekhnologi," katanya saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka desiminasi ilmu pengetahuan dan tekhnologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tentang pengenalan konservasi dan pengembangan potensi daerah, di Dolo Kabupaten Sigi, Selasa.
Kata Mad, panggilan Ahmad M Ali, pertanian sangat menjanjikan bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup.
Bendahara Umum DPP Nasdem ini menyebut Sulteng menjadi salah satu daerah yang kaya akan sektor pertanian dan sektor-sektor lainnya.
Bahkan, mayoritas masyarakat di Sulawesi Tengah berprofesi di sektor pertanian, sebagai petani penggarap lahan berbagai jenis komiditas.
Sayangnya, kata Mad, pengembangan sektor pertanian belum maju, atau memberikan dampak yang besar terhadap petani itu sendiri.
"Sulteng mayoritas petani, profesi petani sangat menjanjikan. Petani bisa survival dan mengembangkan hidup. Selama ini petani bertani dengan cara otodidak, maka hasilnya kurang maksimal. Karena itu dibutuhkan kehadiran teknologi agar bisa memaksimalkan potensi pertanian," katanya.
Kepala Sub Bidang Perencanaan Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan Ex-Situ LIPI Danang Wahyu Purnomo mengemukakan akan melakukan kajian dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pertanian dan lingkungan untuk Sulawesi Tengah.
LIPI, kata dia akan mendorong masyarakat untuk mengembangkan pertanian dengan pendekatan teknologi, untuk pemaksimalan hasil.
Karena diharapkan ada kesepahaman yang tertuang dalam memorandum of understanding dengan Pemkab Sigi serta Pemprov Sulteng dalam pengembangan pertanian dan lingkungan secara berkelanjutan.
"LIPI akan membina masyarakat petani bagaimana mengembangkan tanaman buah dan pupuk hayati atau pupuk cair untuk memaksimalkan pengelolaan sektor pertanian dengan pendekatan tekhnologi," katanya. Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2017Sumber: Antara Seputar Sulteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »